background img

The New Stuff

TAMAN NASIONAL DANAU KELIMUTU

Danau Kelimutu dipopularkan seorang warga Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Keindahannya semakin dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskan keindahan dan perubahan warna air danau tersebut dalam tulisannya tahun 1929.
Untuk mencapai lokasi danau,
Anda dapat memulai dari Moni, kota kecil yang merupakan basecamp para backpacker.Pemandangan indah disepanjang jalan menuju lokasi danau sangatlah indah. Danau paling barat bernama Tiwu Ata Mbupu yang berarti ‘danau  jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal’. Danau yang berada ditengah disebut danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai atau ‘danau untukjiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal’. Danau yang paling timur disebut Tiwu Ata Polo atau ‘danau untuk jiwa-jiwa untukorang selalu melakukan kejahatan’. Warna ketiga danau tersebut selalu berubah-ubah.
Terdapat 3 (tiga) buah danau yang berlainan warna yang dapat membuat para wisatawan asing maupun lokal terpesona, serta aneka flora yang terdiri dari 140 species dalam bentuk tumbuhan berkayu (pohon perdu) dan 36 jenis tumbuhan herba, ekosistem endemik yaitu Bogonio Kelimutuensis,ekosistem Turuwara (Rhododendron Renschianum), yang bisa ditemui disekitar danau.
Dua jenis ini mengalami musim berbunga antara bulan Mei sampai dengan Agustus, akan memberikan warna merah pada tepian danau, sehingga menambah pesona keindahan danau kelimutu, selain itu juga dapat ditemui bunga abadi (Edelweis) jenis Anaphas Longifolia.
Kita juga dapat menemui aneka jenis Fauna seperti Burung Garugiwa (Pachycephala nidigula) yang mempunyai suara sangat merdu dan sering disebut burung arwah karena jarang sekali menampakan diri, burung Garugiwa memiliki kicauan lebih dari 15 koleksi suara, burung Garugiwa paling aktif bernyanyi pada pagi hari, pada waktu cuaca cerah, antara jam 06.00 – 10.00, kicauan burung ini dapat dinikmati mulai dari pintu masuk kawasan hingga puncak kelimutu, selain itu juga terdapat burung jenis Gelatik batu kelabu (Parus major cinereus Vieillot).
Kita juga dapat menjumpai Macaca fascicularis (Raffles, 1821), secara umum juga dikenal dengan nama monyet ekor panjang adalah species yang tersebar luas wilayah tropis Asia tenggara (Eudey,2008). di kategorikan lagi dalam subfamily Cercopithecinae karena mempunyai gigi geraham yang rendah, mempunyai kantung pipi untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu yang singkat, dan buah-buahan adalah makanannya .
3 kawah
3 danau tampak dari udara
Puncak Kelimutu
puncak gunung kelimutu
Taman Nasional Gunung Kelimutu
salah satu danau berwarna hijau

0 komentar:

Posting Komentar

Most Popular Categories